Penyeleksian Bibit Ayam Petarung Yang Bagus – Bibit ayam petarung dapat didapat dengan menetaskan telur ayam sendiri. Telur dapat didapat dari induk ayam yang telah kita piara atau mungkin dengan beli.

Selainnya telur, bibit bisa juga dibeli berbentuk doc (day old chicken) yakni anak ayam yang baru menetas, juga bisa beli indukan. Bila beli bibit, yakinkan penjualnya ialah orang yang paling dipercaya dan telah eksper di dunia ternak ayam.

Penyeleksian Bibit Ayam Petarung Yang Bagus Yang Nanti Dapat Dijadikan Sambung Ayam

Yakinkan asal mula bibit yang kita membeli, untuk menghindar rugi yakinkan bibit yang kita membeli betul-betul berkualitas dan datang dari induk yang berkualitas. Harus diingat, jika bibit mempunyai kontributor besar dalam kesuksesan ternak ayam. Berikut beberapa ciri atau persyaratan doc (ayam yang baru menetas) yang bagus untuk dipiara dan diternakkan.

  • Bibit ayam menetas pada saat yang pas, tidak telat atau bisa lebih cepat
  • Mempunyai mata yang ceria dan berkilau, jauhi beli doc yang mempunyai mata buruk
  • Bibit doc kelihatan gesit dan bisa berdiri tegap
  • Bibit harus bugar dan sehat

Dengan bibit tidak mempunyai cacat fisik dan bentuk sedikit berbobotmempunyai bulu-bulu yang bersih dan kelihatan mengkilat

Langkah pemberian pakan ternak ayam petarung

Pakan mempunyai peran yang lumayan besar dalam kesuksesan dalam usaha ternak ayam petarung. Makanan yang bagus harus memiliki kandungan protein, karbohidrat, mineral dan vitamin yang cukup yang diperlukan oleh ternak.

Baca Juga: Penyeleksian Bibit Ayam Petarung Yang Bagus

Pakan ayam petarung tidak harus berbentuk pelet atau ekstrak, pakan dapat berbentuk apa asal sehat dan tidak berefek memunculkan penyakit. Disini salah satunya keuntungan dalam usaha ternak ayam petarung karena pemberian pakan tidak sesulit sama dalam ternak ayam ras. Pakan ayam petarung dapat berbentuk cacing, serangga atau beberapa sisa makanan yang belum membusuk.

Berikut jumlah pemberian pakan ayam petarung sesuai jenjang umurnya ;

  • 0 – 7 hari : pakan diberi 7 gr/ekor/hari
  • 8 – 14 hari : pakan diberi 19 gr/ekor/hari
  • 15 – 21 hari : pakan diberi 34 gr/ekor/hari
  • 22 – 28 hari : pakan diberi 47 gr/ekor/hari
  • 29 – 35 hari : pakan diberi 58 gr/ekor/hari
  • 36 – 42 hari : pakan diberi 66 gr/ekor/hari
  • 43 – 49 hari : pakan diberi 72 gr/ekor/hari
  • 50 – 56 hari : pakan diberi 74 gr/ekor/hari

Air diberi seperlunya dan perlu dipertambah vitamin dan antibiotik, khususnya di awal perawatan yakni saat ayam masih kecil. Anak ayam umur 0 – 14 hari benar-benar rawan pada masalah kesehatan.

Jenis pakan alternatif ayam petarung

Tipe pakan untuk ayam petarung dapat berupa apa, yang paling penting kandungan gizinya. Pakan yang bagus untuk ayam petarung minimal memiliki kandungan 12% protein kasar dan energi sejumlah 2500 kkal/kg. Pakan yang paling ringkas dan banyak terkandung nutrisi ialah pakan bikinan pabrik yang banyak dipasarkan dipasaran. Tetapi untuk memperoleh pakan itu harus dibayar pada harga yang mahal. Bila selalu memberi pakan bikinan pabrik sudah pasti akan menambahkan ongkos produksi, ini akan mengakibatkan keuntungan yang didapat sedikit. Untuk mengakalinya supaya ongkos pakan dapat didesak dan mendapat keuntungan yang semakin besar, kita dapat meramu pakan sendiri.

Berikut contoh beberapa bahan dan langkah membuat ramuan pakan untuk ayam ;

Pakan ayam usia 0 – 60 hari

Untuk anak ayam yang baru menetas atau usia 0 – 60 hari pakan dapat memakai pakan pabrikasi. Pakai pakan yang butirannya lembut khusus untuk anak ayam supaya gampang diolah.

Pakan ayam usia 61 – 120 hari

Untuk ayam-ayam yang telah berusia 61 – 120 hari pakan dapat memakai kombinasi pakan pabrikasi, dedak dan Jagung. Perbedaan masing-masing pakan ialah 1 kg pakan pabrikasi : 3 kg dedak : 1 kg jagung giling kasar.

Pakan ayam usia 121 hari keatas

Untuk ayam yang berusia empat bulan keatas, pakan yang diberi dapat memakai layer dan dedak atau jagung. Perbedaan campurannya ialah 1 kg layer dan 2 kg dedak atau jagung. Untuk menambahkan nilai nutrisi, pakan dapat dipertambah dengan hijauan yang dicincang lembut sekitar 20�ri jumlahnya pakan.

Pakan ayam usia 180 hari keatas

Saat ayam berusia enam bulan ketasa umumnya telah masuk periode produktif atau masa bertelur. Untuk ayam-ayam yang telah masuk periode bertelur (periode produktif) pakan dapat diberi layer dan dedak atau jagung. Dengan perbedaan kombinasi pakan 1 kg layer dan 1 kg dedak atau jagung. Tambah hijauan yang dicincang lembut sekitar 25% dari jumlahnya pakan yang diberi.

Pakan tambahan

Untuk ayam-ayam dewasa (usia empat bulan keatas) dapat diberi pakan tambahan yang berbentuk beberapa sisa makanan, ampas tahu, ampas singkong, keladi/talas, ubi, cangkang keong yang dilumatkan dan lain-lain.

Pembuatan dan lokasi kandang ayam petarung

Saat lakukan aktivitas usaha ternak ayam, kontruksi pembikinan kandang dan lokasi kandang harus juga jadi perhatian. Selainnya beberapa hal yang telah disebut sebelumnya, kandang mempunyai kontributor dalam kesuksesan usaha ternak ayam petarung. Kandang ayam harus pantas untuk ditempati oleh ternak dan tidak dapat dibikin secara sembarangan. Berikut persyaratan kelaikan kandang ayam petarung yang bagus ;

  • Letak kandang tidak begitu dekat sama rumah dan permukiman, minimum memiliki jarak 5 m dari permukiman.
  • Kandang tidak lembab dan selalu pada keadaan kering
  • Dibikin menghadap ke timur, supaya cahaya matahari pagi bisa masuk langsung di dalam kandang
  • Kandang harus mempunyai sirkulasi supaya perputaran udara berjalan baik
  • Tentukan lokasi yang cukup terlindungi dari embusan angin ribut, misalkan dekat tembok atau bangunan.
  • Kandang harus kerap dibikin bersih supaya kesehatan ternak ayam bisa terjaga

Jumlah ternak pada sebuah kandang disamakan sama ukuran kandang, janganlah sampai ayam berdesak-desakan atau berdempetan

Pemeliharaan ternak ayam petarung

Satu keunggulan beternak ayam petarung ialah tidak membutuhkan perawatan secara intens. Perawatan ayam petarung lebih gampang, tidak seperti perawatan ayam petelur atau ayam pedaging. Yang penting ditegaskan ialah perawatan pada saat-saat awalnya, yakni umur 0 – 14 hari. Pada umur itu anak ayam harus dipiara secara baik. Bila pada musim penghujan atau malam hari dengan udara yang dingin, kandang anak ayam harus dikasih penghangat supaya anak ayam tidak mati kedinginan. Pada saat-saat awalnya pemberian vitamin dan antibiotik juga disarankan supaya ayam mempunyai mekanisme ketahanan tubuh yang bagus.

Pada ayam dewasa, persyaratan khusus dalam perawatan ternak ayam petarung ialah pemenuhan pakan yang cukup,

Kandang yang pantas dan lokasi umbaran yang luas. Selainnya pakan yang diberi, ayam petarung juga memerlukan pakan yang didapat langsung dari alam. Serangga, cacing, rumput-rumputan dan hijauan yang lain ialah pakan yang bagus untuk ayam petarung. Oleh karenanya lokasi tempat umbaran untuk ayam petarung harus dikondisikan sealami kemungkinan, supaya tersedianya pakan dialam cukup berlimpah.

Pengendalian penyakit ayam petarung

Walau ayam petarung mempunyai ketahanan badan yang baik sekali, tetapi terbuka peluang ternak terkena penyakit. Beberapa macam penyakit yang kerap serang ayam petarung diantaranya ; penyakit tetelo (nd), penyakit gumboro, penyakit cacing ayam, buang air besar kapur dan buang air besar darah.  Untuk menahan gempuran penyakit pada ayam petarung penting diingat banyak hal seperti berikut ;

  • Jaga kebersihan kandang dan lingkungan umbaran
  • Sanitasi kandang yang bagus
  • Membuat kandang pada lokasi yang cukup memperoleh cahaya matahari pagi
  • Memberi vitamin dan antibiotik pada periode awalnya perkembangan supaya anak ayam mempunyai ketahanan badan yang bagus
  • Tidak memberi tersisa makanan yang telah basi dan membusuk
  • Lakukan vaksinasi dengan teratur
  • Memberi pakan yang kaya nutrisi dan vitamin
  • Selekasnya menghindari dan menghancurkan ternak yang terkena penyakit